Kamis, 02 Juni 2011

Embung Tambakboyo Yogyakarta


 

Yogyakarta mempunyai  banyak obyek wisata rekreasi air, salah satunya adalah Bendungan Air Embung Tambakboyo. Embung dalam bahas jawa mempuyai arti waduk, sedangkan Tambakboyo merujuk daerah tempat waduk tersebut berada, yaitu di Dusun Tambakboyo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.
Perencanaan  pembangunan dari embung ini telah berjalan sejak tahun 2003 selama 5 tahun sampai tahun 2008 dan saat ini telah selesai pengerjaannya. Waduk yang luasnya 7,8 hektar dan volume tampungan sekitar 400.000 m3 ini memiliki wilayah yang cukup luas. Fungsi utama dari waduk ini adalah cadangan dan resapan air tanah untuk warga Bantul, Sleman, Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air untuk PDAM dimasa mendatang. Namun dalam pengembangan waduk ini sering digunakan sebagai sarana rekreasi seperti memancing, berolahraga, bahkan piknik.
 Tempat berolah raga yang biasa digunakan adalah jalan berkonblok yang memiliki jarak yang cukup jauh. Hal yang menarik adalah pemandangan sekitar yang cukup indah. Selain itu terdapat juga penginapan disekitar Embung yang dapat digunakan untuk menginap apabila anda berasal dari luar kota.


Keberadaan waduk ini mempermudah warga sekitar dalam mendapatkan air sumur. Warga tidak perlu lagi menyuntik sumur setiap kali musim kemarau datang. Pemerintah Sleman juga sedang melakukan upaya konservasi lahan sekitar waduk dengan menanami berbagai jenis tanaman, seperti pohon tanjung, mahoni, palem, dan cemara. Hal ini sesuai dengan fungsi utama dari Embung Tambakboyo, yaitu konservasi, wisata lingkungan dan penyediaan air baku.


Keistimewaan dari Waduk Embung Tambakboyo ini dari sisi lahannya yang luas dan hijau. Pengunjung akan merasakan kelapangan dan kenyamanan udara yang segar jika berkunjung ke waduk ini. Panas terik matahari akan hilang oleh hijaunya pepohonan yang ada di sekitar waduk. Pengunjung juga dapat melakukan olahraga air seperti mendayung kano, jet sky, dan sebagainya. Jika pengunjung lapar, pengunjung dapat memancing ikan di waduk dan membakarnya di warung sekitar waduk lalu menyantapnya.


Jika pengunjung ingin berkunjung, waduk ini memiliki lokasi yang cukup mudah untuk dilalui. Letak pastinya adalah sekitar 1 km kearah utara dari Ringroad utara depan kampus Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta. Transportasi juga mudah jika pengunjung menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.
Jika pengunjung ingin ke Embung Tambakboyo menggunakan kendaraan umum, dari terminal Giwangan Yogyakarta, pengunjung cukup naik bus kota jalur 10 atau bus armada RAS lalu turun di jalan desa menuju waduk, setelah itu, pengunjung dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju waduk.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar