Kamis, 02 Juni 2011

Waduk Sermo Kulon Progo, Yogyakarta



Waduk Sermo merupakan tujuan wisata waduk yang indah di Kabupaten Kulonprogo. Keindahan panorama Waduk Sermo terlihat pada airnya yang jernih membiru dengan aliran yang berkelok-kelok dan dikelilingi dengan latar belakang perbukitan Menoreh yang menghijau. Dengan luas area sekitar 157 hektare itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain: perahu wisata, dimana para wisatawan dapat berkeliling sekitar waduk dengan cara menyewa perahu tersebut. 
Pengunjung dapat menikmati panorama waduk sermo ini dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km. Selain sekedar jalan-jalan menikmati keindahan waduk, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan santai, seperti memancing, ataupun bersepeda. Untuk bisa bersantai ria sambil menikmati kesejukan perbukitan menoreh dan melihat keindahan waduk sermo dari ketinggian, pengunjung pun bisa duduk santai disebuah gardu  pandang yang ada di sekitar waduk

Waduk sermo ini terdiri dari bendungan utama yang merupakan tipe urungan batu berzona dengan inti kedap air. Puncak bendungan memiliki elevasi +141,60 meter dengan panjang 190.000 meter, lebar 8,00 meter, tinggi max 58,60 meter dan volume urungan 568,000 meter. 

 
Keistimewaan waduk sermo ialah pemandangan dan suasana yang cukup eksotik dan menawarkan keindahan konstruksi bendungan. Semilir angin pun bisa membuat pengunjung lebih santai sambil menikmati panorama waduk ini. Selain itu, perahu wisata yang ada di waduk ini siap membawa anda berkeliling menikmati keindahan bendungan yang menawan. Gardu pandang pun juga dapat pengunjung gunakan untuk bersantai ria sambil melihat keindahan waduk dari ketinggian.menikmati gardu ini tidak dikenakan biaya dan dijamin pengunjung dapat merasakan kesejukan dan kesegaran angin yang bertiup sepoy-sepoy. 


Perjalan ke waduk sermo ini memang sedikit berkelok-kelok naik dan turun namun keadaan ini memberikan sensasi yang menyenangkan karena pengunjung bisa menikmati alam perbukitan. Kondisi jalan yang kini sudah bagus dapat pengunjung tempuh kurang lebih 15-20 menit dari kota wates, kabupaten Kulon Progo.
Jika anda memasuki area waduk sermo akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 3000 untuk mobil, Rp. 1000 untuk motor, Rp. 5000 untuk bus dan truk. Sedangkan tarif masuk pengunjung dikenakan biaya Rp. 2000 per orang.        

1 komentar:

  1. kemarin saya masuk kok ditarik biaya 5000 per motor?? padahal di plangka ada tulisan spedamotor 1000. mohon dari dinas terkait lebih di tegaskan lagi

    BalasHapus