Kamis, 02 Juni 2011

Pantai Sundak Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Sundak
Sumber Foto: Koleksi www.wisatamelayu.com

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, nama Pantai Sundak mulai digunakan setelah pantai ini terjadi pertarungan antara seekor anjing dan landak. Pertarungan terjadi karena seekor anjing yang sedang kelaparan secara kebetulan berjumpa seekor landak.si landak kemudian dikejar dan akhirnya menjadi mangsa anjing yang kelaparan tadi. Atas peristiwa itu , sang pemilik anjing sering menyebut-nyebut pantai ini sundak. Yang nama sundak merupakan paduan ‘asu’ ( anjing dalam bahasa jawa) dan ‘landak’ (hewan berkulit duri). sejak dinamakan sundak. Pantai ini mulia terdengar gaungnya. Kini obyek wisata alam ini cukup digemari para wisatawan domestik dan mancanegara. Karena itu pantai sundak menjadi lokasi wisata alam andalan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai ini pasti tak akan pernah ingkar untuk mengatakan bahwa Pantai Sundak dan lingkunganya memang menakjubkan. Pantai Sundak menampilkan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Belum lagi kalau pengunjung mencoba untuk berjalan dari bibir pantai ke tengah laut yang relatif dangkal hingga sejauh 30 meter. Di sana, terdapat batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil
Tampak beberapa bukit batu karang dan batu kapur di utara pantai dengan tinggi sekitar 12 meter. Bukit ini melatari pantai pantai dan menambah keelokan pesona alam kawasan Pantai Sundak. Dalam salah satu bukit batu karang tersebut ada gua, yang didalamnya ada sumur air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk.


Daya tarik lain dari pantai ini ialah pohon-pohon yang membuat sejuk hembusan angin laut disekitar pantai. Di sore hari, di bawah pepohonan ini, wisatawan dapat menikmati cantiknya matahari terbenam di ufuk Samudera Hindia.
Pantai Sundak berada dalam satu area dengan sebagian obyek wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Jadi,  wisatawan yang ingin mencari suasana pantai yang berbeda dapat berajak menuju lokasi lainnya. Beberapa pantai lain: yang letaknya berdekatan dengan pantai sundak ialah: Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Krukup, Pantai Drini dan Pantai sepanjang.
Secara administratif, Pantai Sundak masuk di wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus,  Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan akses jalannya dari Yogyakarta wisatawan menuju ibukota Kabupaten Gunung kidul yaitu Wonosari, wisatawan dapat naik bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Tarif bus menuju Wonosari rata-rata Rp 5.000.  perjalanan menempuh waktu sekitar 1 jam. Sesampai dikota Wonosari biasanya penumpang diturunkan di sekitar Pasar Wonosari. Kemudian carilah bus kecil yang menuju Pantai Baron atau Sundak. Perjalanan menempuh waktu sekitar 40 menit-1 jam dengan ongkos Rp 2.500.
Ketika memasuki kawasan obyek wisata pantai di Gunung kidul, wisatawan harus membayar Rp 1.500 per orang terlebih dahulu di pos retribusi. Yang berada di jalan utama menuju lokasi. Sedangkan tatkala mengunjungi Pantai Sundak, wisatawan tidak dikenai biaya apapun. 
                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar