Jumat, 03 Juni 2011

Purawisata Yogyakarta



Purawisata adalah salah satu tempat rekreasi menarik di Yogyakarta. Berlokasi di jalan Brigjen Katamso, Purawisata memiliki beberapa fasilitas termasuk Taman Wisata Ria, Etnik Cafe, restoran Gazebo, Sendratari Ramayana (Open Air Theatre) dan Garden Jimbaran.  Purawisata menyediakan berbagai macam daya tarik yang dapat dinikmati seperti : Sendratari Ramayana dan panggung terbuka yang menampilkan pagelaran Pagelaran Orkes Melayu Dangdut, dengan menghadirkan grup-grup orkes Melayu dari dalam kota maupun luar kota dan artis-artis dangdut terkenal. Bagi yang tertarik mempelajari budaya Jawa, tersedia pula pelatihan membatik, seni tari, musik gamelan dan tata cara berbusana Jawa.
Bagi masyarakat Kota Yogyakarta, Pusat Seni dan Budaya Purawisata, atau yang lebih sering disebut dengan Purawisata, tentulah tidak asing lagi namanya. Bagi sebagian masyarakat, Purawisata dikenal sebagai tempat yang setiap malam menyajikan pertunjukan dangdut. Sementara, bagi sebagian lainnya, Purawisata lebih dikenal sebagai tempat untuk pementasan Sendratari Ramayana. Ya, pusat seni dan hiburan yang terletak sekitar 1 km dari kawasan Malioboro ini, memang menyediakan hiburan yang beragam. Sehingga, seluruh keluarga pun bisa berkunjung dan menikmati beragam hiburan.
Sebagai sebuah tempat wisata, Purawisata sudah cukup dikenal oleh masyarakat luar maupun dalam DI Yogyakarta. Menurut buku Statistik Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2002 yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DIY, Purawisata merupakan satu dari sepuluh objek wisata di DIY yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dalam data statistik tersebut, Purawisata menempati urutan ke-7, setelah Pantai Baron dan Pantai Glagah.
 Di Pusat Seni dan Budaya Purawisata, terdapat sebuah restoran yang memadukan nuansa etnik Jawa dan Bali sebagai dekorasinya, yang bernama Jimbaran Resto. Restoran ini menyajikan berbagai macam makanan dan minuman, baik dengan cita rasa lokal maupun internasional. Selain itu, di malam hari, terdapat Calipso Cafe Purawisata, yang berada di satu kawasan dengan panggung pertunjukan musik. Dengan kehadiran kafe ini, pengunjung dapat menikmati musik, baik dangdut ataupun tembang lawas, seraya menikmati berbagai minuman maupun makanan yang disediakan.


 Purawisata Terbagi atas beberapa fasilitas dan layanan, yaitu
  1. Pertunjukkan Sendratari Ramayana
  2. Gazebo Garden Restaurant
  3. Waterboom & Fun Fair
  4. Taman Bintang Outbound
  5. Calipso Cafe
  6. Waroeng Djogja
  7. Sanggar Tari Bunda Pertiwi
  8. Paket Pernikahan Gazebo Garden Restaurant
Tempat hiburan ini diciptakan sedemikian rupa hingga memungkinkan Anda untuk memperoleh berbagai macam hiburan yang dapat membawa suasana baru bagi Anda dan keluarga Anda. Pertunjukan Seni Tari Ramayana merupakan hiburan seni dan budaya Jawa utama yang disajikan oleh tempat ini, selain diantaranya pertunjukkan dangdut dll.


Tarian yang disajikan pada panggung terbuka Purawisata setiap malam sejak tahun 1975. Dengan kapasitas 600 tempat duduk, para penonton dapat menikmati kisah romantika tragedy dari Rama dan Sinta yang menceritakan pertarungan antara kebaikan dengan kejahatan.

JAM BUKA
Hari Senin - Sabtu pukul 16.00 - 24.00 WIB
Hari Minggu pukul 09.00 - 24.00 WIB

TIKET
Hari Senin - Sabtu: Rp 2.500,00
Hari  Minggu dan hari besar: Rp 5.000,00

FASILITAS
1. Restoran Kebun Gazebo
Sebagai salah satu restoran terbaik di Yogyakarta, Restoran Kebun Gazebo hadir dalam gaya Jawa tradisional dengan menu masakan Indonesia, secara khusus menu Jawa yang terkenal manis. Iringan musik gamelan tak lupa hadir secara live oleh musisi professional sehingga nuansa tradisi Jawa lebih terasa dan kental.


2. Restoran Jimbaran
Dengan slogan "Super Sea Foods," restoran ini bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi para tamu yang hadir. Sea foods khas Jimbaran merupakan menu utama yang ditawarkan oleh restoran dengan nama khas ini.

3. Taman Wisata Ria
Taman dengan fasilitas hiburan khususnya untuk anak-anak ini menyediakan berbagai jenis permainan yang pastinya disukai oleh anak-anak Anda.

4. Lapangan Parkir

5. Toilet





1 komentar:

  1. Kalo Ke Yogya coba datang dan Berkunjung ke Desa Wisata Kawasan Pasar Perjuangan Srowolan/Sorowulan. Disana ada tiga lokasi outbound sekaligus yg berada dalam satu kawasan ( Banyu Sumilir Outbound Center - Karangasri Odventure Service - Shaba Outbound )
    Post BY PASAR PERJUANGAN SROWOLAN / SOROWULAN

    BalasHapus