Rabu, 01 Juni 2011

Pantai Glagah


Letak pantai glagah berada di daerah kabupaten kulon progo provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang jarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar, disepanjang lokasi pantai ini terdapat sebuah laguna dengan aliran air yang menuju ke arah muara sungai. Laguna ini di bagi menjadi dua kawasan pantai, tempat ini masih ditumbuhi beberapa tumbuhan pantai dan rerumputan serta  gundukan pasir yang langsung berbatasan dengan lautan. Anda dapat menyebrang ke lokasi gundukan pasir dengan melewati jalan penghubung yang letaknya tidak jauh dari muara sungai.
Terbentuknya laguna ini dikarenakan adanya gelombang pasang besar yang menyebabkan air laiut terjebak dicekungan pasir sehingga membentuk genangan air yang menyerupai danau. Pengunjung  pantai glagah dapat mengelilingi laguna ini dengan menaiki perahu motor yang banyak ditawarkan di lokasi tersebut. Selain berperahu, di laguna ini, pengunjung dapat melakukan olah raga air seperti berenang ataupun mendayung. Pengunjung dapat berjalan sedikit kearah barat, menuju lokasi sebuah agrowisata yang dikelola oleh lembaga non pemerintah. Agrowisata ini menyewakan perahu dayung (kano), gethek,dan juga bebek dayung untuk para pengunjung.    
Laguna pantai glagah
Sumber foto: Koleksi www.wisatamelayu.com

Selain wisata air , pengunjung juga dapat memasuki perkebunan yang dimiliki oleh argo wisata tersebut. Lahan perkebunan ini digunakan untuk membudidayakan buah naga dan bunga roselle. DI  Yogyakarta, pantai glagah menjadi satu-satunya kawasan pantai yang mengembangkan budi daya buah naga. 
Berjalan  menyisir pantai lebih ke barat, anda bisa menyaksikan aktivitas warga sekitar dan beberapa wisatawan memancing ikan. Saat YogYES berkunjung, mereka tampak berdiri dan berbaris, berderet mengikuti garis pantai sambil memegang peralatan memancingnya. Daerah pantai yang cukup landai memberi anugerah ikan dalam jumlah yang cukup besar. Sejumlah kios yang menjajakan sea food juga terdapat, menyajikan beragam menu yang pantas untuk dicoba.
Selain pemandangan pantai yang indah, Pantai Glagah juga memiliki beragam fasilitas wisata pantai. Salah satu adalah area motor cross yang terletak persis di pinggir pantai dengan luas yang cukup besar, memberi kepuasan bagi anda penggemar olahraga ini. Sementara itu, jalan beraspal yang menghubungkan pantai Glagah dengan pantai-pantai lain bisa dimanfaatkan sebagai arena olah raga sepeda pantai.
Untuk menikmati keseluruhan keindahan pemandangan pantai Glagah, anda bisa melaju melintasi dua alternatif jalan. Pertama, berjalan ke selatan melewati jalan Bantul dan berbelok ke kanan menuju jalur Bantul - Purworejo setelah sampai di Palbapang. Kedua, berjalan ke barat melewati lintasan jalan Yogyakarta - Wates - Purworejo dan berbelok ke kiri setelah menjumpai plang menuju Pantai Glagah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih mudah mengaksesnya.
Perjalanan ke pantai ini tak sesulit perjalanan menuju pantai di wilayah Gunung Kidul. Jalan-jalan yang dilalui cenderung datar dan tak banyak tanjakan sehingga anda bisa menempuhnya sambil bersantai. Lintasan menuju kota Purworejo itu juga menghubungkan Pantai Glagah dengan pantai-pantai lain di Kabupaten Kulon Progo. Jadi, sekali mengayuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, anda bisa mengunjungi pantai-pantai lain setelahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar